Mari Menghindari Kedzaliman

By Nasehat Islam Last Updated On 11 October 2023 3 Comments
hindari kedzaliman
hindari kedzaliman

Kedzaliman merupakan salah satu yang diharamkan dalam pandangan islam. Dalam sebuah hadits qudsi, Alloh SWT bersabda,

يَا عِبَادِى إِنِّى حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِى وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا فَلاَ تَظَالَمُوا

Wahai hamba-hambaKu, sungguh Aku telah haramkan kedzaliman atas diriKu dan Aku jadikan kedzaliman itu haram atas kalian. Maka janganlah kalian saling mendzalimi”

Dzalim secara makna diartikan melaksanakan sesuatu yang tidak pada haknya atau pekerjaan yang melampaui batas.

Kedzaliman #pertama yang harus kita hindari adalah kedzaliman terhadap Alloh SWT, yakni perbuatan syirik (mempersekutukan Alloh) karena perbuatan ini melanggar hak Alloh. Di dalam QS Lukman 13 Alloh berfirman,

وَإِذْ قَالَ لُقْمَٰنُ لِٱبْنِهِۦ وَهُوَ يَعِظُهُۥ يَٰبُنَىَّ لَا تُشْرِكْ بِٱللَّهِ ۖ إِنَّ ٱلشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

“Dan ingatlah ketika Lukman berkata kepada anaknya,”Wahai anakku janganlah engkau mempersekutukan Alloh, sesungguhnya mempersekutukan Alloh benar-benar kedzaliman yang besar”

Begitu pentingnya bahaya syirik, nabi ﷺ dalam sehari senantiasa berdo’a sampai dua kali,

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ , وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لَا أَعْلَمُ

“Ya Allâh! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan (syirik) yang menyekutukan-Mu sedangkan aku mengetahuinya; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari apa-apa yang tidak aku ketahui”

Kedzaliman #kedua yang harus dihindari adalah kedzaliman terhadap sesama manusia dan makhluk lainnya. Dalam konsep islam, kita dilarang melakukan kerusakan di muka bumi. Saat kondisi perang sekalipun, diharamkan membunuh wanita, orang tua, tempat ibadah, pohon dan tanaman. Nabi ﷺ bersabda,

 

اتَّقوا الظُّلمَ . فإنَّ الظُّلمَ ظلماتٌ يومَ القيامةِ

“Jauhilah kedzaliman karena kedzaliman adalah kegelapan di hari kiamat” (HR. Al Bukhari Muslim)

Orang yang melakukan kerusakan di muka bumi, misalnya melakukan pembunuhan, maka ia harus dibunuh lagi (qishos). Tidak ada alasan untuk memperbolehkan pembunuhan, walaupun terhadap orang kafir asal mereka tidak melakukan permusuhan terang-terangan terhadap umat islam (Kafir Jinni). Nabi ﷺ bersabda “Barang siapa yang tidak melindungi kafir Jinni, maka ia akan berhadapan dengan aku di hari kiamat”.

Untuk lebih mengetahui apa-apa saja yang harus kita pelajari agar terhindar dari perbuatan dzalim, kita bisa merujuk pada hadits qudsi sebagai berikut:

Lihat juga  Ngalap Berkah yang Sesuai Syar’i

يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ ضَالٌّ إِلاَّ مَنْ هَدَيْتُهُ فَاسْتَهْدُونِى أَهْدِكُمْ

#1. Wahai hamba-hambaKu, setiap orang dari kalian sesat kecuali yang Aku berikan petunjuk. Maka mintalah petunjuk kepadaKu niscaya Aku beri petunjuk kepada kalian

Salah satu yang bisa menghindari kedzaliman adalah hidayah / petunjuk Alloh yang terdapat dalam Al-Qur’an. Maka menjadi kewajiban bagi kita untuk memahami, mengajarkan dan mengamalkan al-Quran baik untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Bacalah terjemahan al-Qur’an dan bertanyalah kepada orang alim tentang maksud dan tafsir yang kita pelajari. Hidayah tidak mungkin datang tanpa ada usaha untuk dicari, dikejar dan dipelajari. Orang yang berbuat dzalim hati dan pikiranya akan gelap dan tidak selaras dengan hidayah Alloh SWT. Sehingga jalanilah hidup kita dengan penuh hidayah / petunjuk Alloh, niscaya kita bisa memahami dengan jelas mana hak dan mana yang batil.

يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ جَائِعٌ إِلاَّ مَنْ أَطْعَمْتُهُ فَاسْتَطْعِمُونِى أُطْعِمْكُمْ

#2. Wahai hamba-hambaKu, setiap orang dari kalian lapar kecuali yang Aku beri makan. Maka mintalah makan kepadaKu dan Aku akan berikan makan kepada kalian

Kemiskinan memberi peluang besar terhadap kekafiran dan kedzaliman. Untuk itu pastikan dalam mencari makan dan minum, hanya meminta kepada Alloh SWT, tidak menggantungkan kepada yang lain. Hati harus yakin bahwa Alloh maha hidup dan maha pemberi rizki, sehingga kita terhindar dari perbuatan yang menghalalkan berbagai cara.

يَا عِبَادِى كُلُّكُمْ عَارٍ إِلاَّ مَنْ كَسَوْتُهُ فَاسْتَكْسُونِى أَكْسُكُمْ

#3. Wahai hamba-hambaKu, setiap orang dari kalian telanjang, kecuali yang Aku berikan pakaian. Maka mintalah pakaian kepadaKu, niscaya Aku akan memberikannya.

Tidak sedikit orang yang diperbudak dengan uang, emas, dirham, dan juga pakaian. Gara-gara pakaian bisa merusak ibadah dan berbuat kedzaliman. Maka janganlah berlebih-lebihan dan selalu merasa tidak puas dalam menyikapi pakaian.

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِى أَغْفِرْ لَكُمْ

#4. Wahai hamba-hambaKu, sungguh setiap orang dari kalian salah di malam dan siang, dan Aku mengampuni dosa semuanya. Maka beristighfarlah kepadaKu, niscaya Aku akan mengampuni kalian.

Lihat juga  Mendidik Anak dengan Akhlaq Islami

Tidak ada setiap manusia yang luput dari dosa. Nabi ﷺ sekalipun senantiasa bertobat sampai 100 kali dalam sehari. Sesungguhnya dosa akan berpengaruh terhadap hati kita. Setiap melakukan dosa, maka akan ada bintik hitam di dalam hati, seperti selembar kain putih lama kelamaan menjadi hitam. Dan sudah pasti dosa merupakan kezaliman kepada Alloh. Untuk itu sering-seringlah kita meminta ampunan kepada Alloh atas dosa yang kita perbuat agar terhindar dari kedzaliman kepada-Nya.

++++++

Pengajian Shubuh, Mesjid Darussalam Kota Wisata, 18 Juli 2009, Narasumber: Ust. Mirdas Ekayora Lc

  • Nasehat Islam

    Kumpulan catatan pengajian yang diikuti penulis. Semoga memberi manfaat bagi yang membaca, penulis dan para guru/ustadz yang menyampaikan ilmunya. Berharap masukan jika ada yang perlu diperbaiki. ++Admal Syayid++

3 thoughts on “Mari Menghindari Kedzaliman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *