Senin, 26 Feb 2024
Akhlaq IslamZakat Infaq Shodaqoh

Mari Menyantuni Fakir Miskin dan Yatim

mari menyantuni fakir miskin dan yatim

Islam adalah agama yang mengatur hidup dan kehidupan manusia. Salah satu ajarannya adalah memberikan jaminan kepada mereka yang membutuhkan biaya atau nafkah dengan cara menyantuninya. Bukan hanya memberi harta namun juga memberikan perhatian dan jaminan kehidupan. Alloh sangat mencela orang yang tidak memperhatikan atau menyantuni fakir miskin serta anak yatim, bahkan menghalangi orang menolongnya.

Menolong masyarakat bawah sebagaimana dianjurkan dalam ayat al-Quran merupakan salah satu dasar dibangunkannya ekonomi islam. Mereka yang tidak mampu seharusnya dijamin oleh negara maupun masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai pemerataan kesejahteraan serta tegaknya keadilan. Alloh berfirman dalam al-Quran QS al-Hasyr 7:

كَىْ لَا يَكُونَ دُولَةًۢ بَيْنَ ٱلْأَغْنِيَآءِ مِنكُمْ

“…supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu…”

Pemerataan dan keadilan yang dimaksud bukanlah rata dalam jumlah, namun rata dalam peredaran. Untuk itu, Islam mewajibkan umatnya menunaikan zakat dan shodaqoh, terlebih dengan mengutamakan keluarga atau kerabat yang kurang mampu.

Dari sini, kita semakin tahu bahwa agama islam adalah agama baik. Memberikan kebaikan, kesenangan, dan kenikmatan untuk dunia dan akhirat. Ajarannya tidak ada yang mencelakakan manusia. Tidak ada kemaslahatan manusia kecuali dengan sebab islam. Tidak ada agama lain selain Islam yang mengatur penggunaan harta dengan detail.

Namun, kewajiban menyantuni fakir miskin dan anak yatim melalui fasilitas zakat dan shodaqoh belumlah berjalan optimal sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan ketidaktahuan (kejahilan) dalam memahami agama islam. Begitu banyak kemiskinan dan kefakiran, serta anak yatim yang terdholimi di lingkungan di mana kita berada. Sungguh sedikit jumlah orang yang mengeluarkan zakat dibanding jumlah umat islam keseluruhan.

Untuk itu, marilah kita mengamalkan ajaran islam dalam memberikan hak jaminan hidup orang fakir miskin dan yatim dengan cara menunaikan zakat dan shodaqoh.

++++++

Khutbah Jum’at, 27 Agustus 2010, PT. Toyota Astra Motor, Narasumber: Abdul Hakim bin Amir Abdat

Tags:fakirmiskinshodaqohzakat


Baca Juga

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *