Senin, 26 Feb 2024
Akhlaq IslamAqidah Islam / Tauhid

Mencintai Alloh di Atas Segala-galanya

Salah satu yang perlu diperjuangkan dalam hidup ini bagaimana bisa mencintai Alloh di atas segala-galanya. Alloh SWT berfirman dalam QS Al-Baqoroh 165,

وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يَتَّخِذُ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَندَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ ٱللَّهِ ۖ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَشَدُّ حُبًّا لِّلَّهِ ۗ

“Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah“.

Ayat di atas menjelaskan pentingnya cinta, takut dan harap kepada Alloh. Mencintai Alloh haruslah ditempatkan diatas segala-galanya, jangan sejajar dengan sembahan-sembahannya. Bahkan Alloh menjelaskan sifat orang yang beriman, ia amat sangat cinta kepada Alloh.

Lebih lanjut Alloh berfirman dalam QS At-Taubah 34,

قُلْ إِن كَانَ ءَابَآؤُكُمْ وَأَبْنَآؤُكُمْ وَإِخْوَٰنُكُمْ وَأَزْوَٰجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَٰلٌ ٱقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَٰرَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَٰكِنُ تَرْضَوْنَهَآ أَحَبَّ إِلَيْكُم مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَجِهَادٍ فِى سَبِيلِهِۦ فَتَرَبَّصُوا۟ حَتَّىٰ يَأْتِىَ ٱللَّهُ بِأَمْرِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلْفَٰسِقِينَ

“Katakanlah: “Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.”

Mencintai Alloh, haruslah mengalahkan delapan perkara seperti yang tercantum dalam ayat di atas yakni bapak, anak, saudara, istri, kaum keluarga, harta, perniagaan, dan tempat tinggal. Jangan sampai kedelapan perkara ini menghambat kecintaan kita kepada Alloh.

Diantara delapan perkara ini, biasanya yang paling dominan menghambat kecintaan kita kepada Alloh adalah harta, bisnis dan tempat tinggal. Banyak orang yang berani mati atau saling membunuh demi mendapatkan harta dan kedudukan. Banyak orang yang tidak amanah dan jujur serta melaksanakan maksiat dalam berbisnis, serta berjuang mati-matian demi mendapatkan atau mempertahankan tempat tinggal yang dicintainya.

Terkait dengan mencintai Alloh, selain harus memberikan totalitas cinta kepada-Nya, kita juga harus berharap mendapatkan cinta dari-Nya. Ibnu Taimiah mengatakan, terdapat sepuluh kiat agar kita mendapat cinta dari Alloh SWT yaitu sebagai berikut:

  1. Sering membaca Al-Qur’an dengan memahami maksud isinya
  2. Melakukan ibadah sunah selain yang pekerjaan wajib
  3. Berdikir dengan lisan, hati, dan perbuatan
  4. Mendahulukan apa yang dicintai Alloh dibanding yang dicintai dirinya
  5. Membiasakan memahami dan mengamalkan asmahul husna
  6. Bersyukur
  7. Rendah hati
  8. Berkhalwat untuk qiyamullail dan tobat
  9. Berkumpul bersama orang yang cinta kepada Alloh
  10. Menjauhkan hal-hal yang membuat hati jauh dari Alloh.

Mari setiap waktu yang kita miliki digunakan untuk melaksanakan kiat-kiat di atas sesuai dengan kemampuan masing-masing agar mendapatkan kecintaan Alloh SWT.

++++++

Khutbah Jum’at, 10 Juli 2009, Mesjid Toyota Astra Motor

Tags:baca quranbersyukurcinta kepada Allohrendah hati


Baca Juga

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *