Menjadikan Romadhan Terbaik Tahun ini

By Nasehat Islam Last Updated On 14 January 2024 0 Comments
Berhati-hati Mendidik Anak
Berhati-hati Mendidik Anak

Romadhan adalah puncak pembersih dan pengikis dosa. Sahabat zaman dahulu selalu merindukan datangnya romadhan bahkan dua bulan sebelumnya. Ada banyak hikmah dan keutamaan Romadhan agar memberi motivasi dan inspirasi dalam menjalaninya. Berikut salah satunya:

1. Bulan Kesungguhan

Kunci sukses dalam islam untuk meraih kebahagiaan dunia akhirat adalah kesungguhan (QS 29:69).

وَٱلَّذِينَ جَٰهَدُوا۟ فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”

Output dari puasa adalah taqwa, dan karakter taqwa hanya bisa dibangun dengan sungguh-sungguh. Umar r.a ketika ditanya apa arti taqwa, ia menjawab, “Saat engkau berjalan di suatu jalan yang bertaburan duri, engkau berhati-hati melangkah menghindari duri itu, itulah hakikat  TAQWA”.

2. Bulan al-Quran 

Bulan Romadhan harus memberikan inspirasi mengkaji al-Quran. Sebagaimana rosul mengulang bacaan al-Quran (Tadarus) setiap malam bersama malaikat Jibril.  Al-Quran memiliki banyak keistimewaan, ia merupakan dzikir utama dan mampu mengobati hati yang gelisah. Siapa yang berpaling dari al-Quran, niscaya hatinya gelisah meskipun tinggal di istana.

3. Bulan Ibadah

Pandai-pandailah untuk memaksimalkan ibadah di bulan Romadhan. Seseorang yang pernah melakukan dosa dan kejahatan, janganlah berputus asa. Begitupula orang yang merasa telah melakukan kebaikan jangan berpuas diri. Rosul memberi teladan bagaimana dia melakuan ibadah terbaik sampai kakinya bengkak.

Bersyukurlah jika diberi kemudahan melakukan kebaikan, dan segera bertaubatlah jika diberi kemudahan melakukan maksiat. Semua orang dimudahkan Alloh sesuai dengan taqdirnya. Pergunakan waktu mustajab di bulan puasa untuk berdoa menjadi Khusnul Khotimah.

4. Bulan Perbaikan Karakter

Romadhan harus menjadi bulan memperbaiki akhlaq. Jadikan diri menjadi sumber kesenangan dan kebahagiaan orang sekitar. Tinggalkan akhlaq yang hina dan lakukan akhlaq yang mulia. Tinggalkan hal-hal yang jorok, berbuat marah, dusta, dan lain-lain. Sebaliknya perbanyak sedekah, peduli anak yatim, tetangga, dan lain sebagainya.

5. Bulan Pelurusan Aqidah

Jangan salah menapaki jalur rel aqidah. Berhati-hatilan dengan ramalan-ramalan yang sedang trend saat ini. Tidak boleh sembarang percaya pada tanda alam yang dihubungkan dengan takdir. Dalam islam tidak ada hubungan antara tanda atau fenomena alam dengan takdir seseorang.

Lihat juga  Jagalah IMAN untuk Diri dan Keluarga

++++++

Pengajian Tarawih, 13 Agustus 2010, Mesjid Darussalam Kota Wisata, Narasumber: Ust. Mirdas Eka Yora Lc.

  • Nasehat Islam

    Kumpulan catatan pengajian yang diikuti penulis. Semoga memberi manfaat bagi yang membaca, penulis dan para guru/ustadz yang menyampaikan ilmunya. Berharap masukan jika ada yang perlu diperbaiki. ++Admal Syayid++

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *