Kamis, 22 Feb 2024
Akhlaq IslamAqidah Islam / Tauhid

Hidup Mulia dengan Akhlaq Islam

murah hati, dermawan

Secara garis besar pokok-pokok ajaran nabi terbagi menjadi 3 pilar yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya yaitu Aqidah, Ibadah, dan Akhlaq. Terkait dengan urgensi akhlaq islam, Alloh SWT berfirman dalam QS al-Qolam 4,

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur”.  

Begitu juga salah satu hadits berbunyi,

إِنَّ مِنْ أَحِبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحْسَنُكُمْ أَخْلَاقًا

Sesungguhnya di antara orang-orang yang paling aku cintai dan paling dekat tempat duduknya pada hari kiamat denganku yaitu orang yang paling baik akhlaknya.” (HR. Tirmidzi)

Diceritakan pula dalam suatu riwayat, seorang sahabat bertanya kepada rosul ﷺ tentang kebaikan dan keburukan,

عَنِ النَّوَّاسِ بْنِ سَمْعَانَ الْأَنْصَارِيِّ، قَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، عَنِ الْبِرِّ وَالْإِثْمِ فَقَالَ: «الْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ، وَالْإِثْمُ مَا حَاكَ فِي صَدْرِكَ، وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ

Dari an-Nawwâs bin Sam’ân Radhiyallahu anhu berkata: Aku bertanya kepada Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa salam tentang kebaikan dan dosa (keburukan)?

Lalu beliau bersabda: “Kebaikan adalah bagusnya perangai; sedangkan dosa (keburukan) adalah apa yang mengganjal di dadamu dan engkau pun tidak suka diketahui oleh orang lain”. [HR. Muslim]

Imam Al-Ghozali berkata, memiliki akhlaq islam yang mulia adalah fardu ain bagi setiap orang.

Kenapa Akhlak memiliki peranan penting dalam Islam?

Jawabannya, karena sesungguhnya pembentukan akhlaq islam yang mulia adalah tujuan risalah rosul. Al-Qur’an menyebutkan bahwa fungsi kerosulan adalah tazkiyatun nafs, yakni mensucikan jiwa manusia.

Berkata Hasan Al Bashri rahimahullahu:

ليس الإيمان بالتمني ولا بالتحلي ولكن هو ما وقر في القلب وصدقه العمل

Bukanlah iman itu dengan (engkau) berangan-angan, dan bukan pula dengan hiasan luar saja, akan tetapi iman itu adalah sesuatu yang bercokol dalam hati, dan membuktikannya dengan amalan.

Dalam Al-Qur’an kata iman selalu bergandengan dengan amal sholeh dan taqwa.

Sifat-sifat akhlaq islam yang harus menjadi hiasan seorang muslim dalam kehidupan sehari-harinya diantaranya adalah menjauhi perkara yang subhat, menjaga pandangan mata, menjaga ucapan, tidak meremehkan orang, malu, lapang dada dan sabar,  jujur, tawadlu, menghindari prasangka buruk, murah hati, dermawan, menjadi teladan, dan lain-lain.

++++++

Dikutip dari pengajian Shubuh, 21 Juni 2009 di Mesjid Darussalam Kota Wisata

Tags:akhlaq islamdermawanjujurmurah hatisabar


Baca Juga

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *